Mempersiapkan Strategi Keuangan Bayi Baru Lahir


Anda tidak perlu membaca ulasan ulasan “mempersiapkan strategi keuangan bayi baru lahir” kalau anda sudah masuk dalam kategori bebas finansial. Namun kalau anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai strategi keuangan untuk mempersiapkan kebutuhan / keperluan si kecil yang baru lahir, luangkanlah waktu sejenak untuk membaca ini.

Menurut beberapa responden kami (keluarga dan kolega), banyak dari mereka yang sedang mengandung / hamil anak pertama kurang mengetahui berapa banyak kebutuhan yang diperlukan oleh si kecil yang baru lahir. Hal ini wajar mengingat biasanya kita tidak pernah ikut saudara kita atau kolega kita ketika mereka membeli keperluan bayi baru lahir. Pada akhirnya mereka yang kurang menyadari hal ini tentunya akan mempunyai masalah keuangan karena jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk persiapan bayi baru lahir sangatlah besar.

Sebagai gambaran awal agar anda siap dan segera mempersiapkan strategi keuangan untuk bayi anda yang segera lahir, biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan persalinan (baik normal maupun Caesar) sangatlah besar dan cenderung naik dari tahun ke tahun. Biaya ini akan sangat bervariasi tergantung pada fasilitas yang ada di rumah sakit / klinik bersalin tersebut dan kota dimana anda berencana melakukan persalinan. Pada awal tahun 2008 biaya operasi Caesar di kota Mojokerto (Jawa Timur) untuk rawat inap di kelas VIP adalah sebesar Rp. 6 juta Rupiah. Biaya / harga ini tentunya naik dari tahun ke tahun mengikuti inflasi yang terjadi di Indonesia. Pada akhir tahun 2006 biaya persalinan rekan kami yang tinggal di Jakarta adalah berkisar pada Rp. 10 Juta dengan rawat inap kelas I. Dapat anda simak disini bahwa biaya ini sangat beragam / bervariasi tergantung pada :

– kelas rawat inap ibu hamil
– lokasi / kota tempat melakukan persalinan
– tempat persalinan (rumah sakit atau klinik bersalin)
– tenaga medis yang menangani (dokter atau bidan)
– fasilitas yang ada di tempat tersebut

Dengan alasan tersebut, anda dapat menyesuaikan strategi keuangan anda secara tepat dengan berbagai pertimbangan-pertimbangan yang telah kami rangkum dibawah.

Bila kehamilan ibu hamil saat ini berjalan normal dan tidak ada gangguan, untuk menekan biaya persalinan mungkin anda dapat mempertimbangkan melakukan persalinan di kliknik bersalin dengan bantuan bidan. Untuk menekan biaya anda tidak harus selalu memaksakan diri untuk memilih rumah sakit dan dokter kandungan yang terkenal hanya dengan alasan gengsi.

Sebagai tambahan pertimbangan bagi anda yang ingin menyesuaikan strategi keuangan si kecil baru lahir dengan penekanan biaya, pertimbangkan ulang rencana anda untuk melahirkan / melakukan persalinan di kota asal anda dengan alasan dekat dengan orang tua. Adalah lebih baik memang jika anda yang melahirkan anak pertama bersama dengan keluarga karena anda akan mendapatkan banyak pengalaman baru yang bisa dipelajari dari ibu anda. Beberapa pasangan suami istri biasanya sering lupa akan timbulanya biaya perjalanan yang harus dikeluarkan oleh suami ketika ingin menemani istri dan bayinya yang baru lahir. Hal ini tentunya memperburuk strategi dan rencana keuangan anda. Namun perlu diperhatikan pula untung ruginya bila anda tidak melahirkan di kota asal anda karena orang tua anda terpaksa mengeluarkan biaya untuk mengunjungi cucu mereka yang lucu. Hal ini juga akan menimbulkan masalah bila mereka tidak terbiasa melakukan perjalanan dan sedang sakit.

Beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan bila anda ingin menyesuaikan rencana/ strategi keuangan anda dengan memilih klinik bersalin / rumah sakit adalah masalah fasilitas medis yang tersedia di rumah sakit / klinik bersalin tersebut. Semakin lengkap fasilitas yang ada biasanya rumah sakit tersebut mempunyai harga / tarif yang lebih tinggi. Namun demikian anda tidak boleh terburu-buru memangkas biaya-biaya ini dengan cara memilih rumah sakit / klinik bersalin dengan fasilitas minim karena kita tidak pernah tahu apa yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi anda ketika lahir nanti. Jangan sampai karena keterbatasan fasilitas, ibu hamil dan bayinya yang memerlukan perawatan khusus harus dirujuk ke rumah sakit lain. Hal ini selain akan menambah biaya juga dapat merepotkan anda karena harus berpindah dari rumah sakit / klinik bersalin yang satu ke rumah sakit / klinik bersalin yang lain.

Itulah secara singkat bagaimana anda harus mempersiapkan keuangan anda / mempersiapkan strategi keuangan yang tepat untuk persiapan persalinan ibu hamil dan bayi anda. Namun kami ingatkan kebutuhan si kecil masih banyak ketika dia telah lahir dan mulai menyapa dunia ini. Anda dapat memeriksa ke toko perlengkapan bayi yang terdekat dengan lokasi anda. Biasanya mereka mempunyai daftar tertentu yang harus anda siapkan untuk keperluan bayi baru lahir. Berikut adalah daftar perlengkapan bayi / ibu melahirkan

Kebutuhan Bayi Baru Lahir :

– Baju Bayi
– Popok
– Gurita
– Topi Bayi
– Tas Bayi
– Sarung Tangan dan Kaki Tangan
– Popok Lorek
– Bedong
– Selimut
– Waslap
– Handuk
– Selendang untuk menggendong
– Bantal Guling
– Sarung Bantal Guling
– Minyak Telon
– Kapas Bola
– Kapas
– Tissue Basah
– Aneka Bedak (Badan, Biang dan Muka)
– Sabun
– Shampoo
– Baby Oil
– Colonge
– Baby Bath Liquid
– Botol Susu
– Aneka Sikat (Botol, Dot dan Sisir)
– Sisir Bayi
– Tempat Bedak
– Tempat Sabun
– Tempat Susu
– Gunting Kuku Bayi
– Peniti Khusus Bayi
– Saringan Susu Bayi
– Kocokan Susu Bayi
– Perlak
– Bak Mandi
– Termos
– Termometer
– Kereta Bayi / Stroller
– Baby Walker
– Keranjang Bayi
– Gendongan Bayi
– Box Bayi (tempat tidur bayi)
– Baby Table (Meja khusus untuk merawat bayi)
– Bumper Box Bayi
– Mainan Bayi
– Empeng
– Sedotan Ingus Bayi
– Baby Monitor
– Bantal Tengkurap
– Kompres
– Diaper / Pampers
– Kaos Kaki
– Alat udel bodong
– Timbangan Bayi
– Topi Kramas
– Shampoo foam
– Mantel
– Sikat Gigi
– Pasta Gigi
– Perlengapan Makan
– Pispot
– Ayunan
– Gunting Rambut
– Baby High Chair (kursi makan bayi)

Kebutuhan Ibu Melahirkan :

– Pembalut khusus ibu hamil
– Korset
– Gurita
– BH Khusus menyusui
– Baju Hamil
– Daster
– Breast Pad
– Breast Pump
– Cream Perut
– Termos penyimpan ASI

Kebutuhan-kebutuhan tersebut kami peroleh dari salah satu toko perlengkapan bayi di Surabaya. Anda tentu bertanya-tanya berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan / dianggarkan untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi tersebut. Kalau anda memiliki banyak teman, dapat kami pastikan beban anda akan berkurang. Beberapa dari rekan dan keluarga anda tentunya akan memberikan kado untuk si kecil / bayi anda. Kado ini juga beragam dan tentunya akan meringankan anda. Namun perlu diingat bahwa anda tetap perlu membeli keperluan bayi tersebut (terutama keperluan dasat seperti sabun dan shampoo) karena si kecil tidak bisa menunggu kadonya datang untuk segera mendapatkan perawatan dari anda.

Bayi anda memerlukan banyak sekali keperluan-keperluan tersebut dalam jumlah banyak. Untuk menekan biaya yang timbul, anda dapat mempertimbangkan untuk membelinya di toko perlengkapan bayi yang melayani harga grosir. Dengan strategi keuangan seperti ini anda dapat memenuhi kebutuhan si kecil dengan harga lebih miring. Namun perlu diingat bahwa kualitas merupakan hal yang utama, ada harga ada rupa kata banyak orang. Semakin bagus dan semakin halus barang yang ditawarkan tentunya harganya semakin tinggi. Anda tidak harus memakaikan si kecil baju yang kasar untuk menekan pengeluaran karena dia mungkin tidak akan nyaman memakainya dan bahkan jadi sering menangis. Kalau sudah begini anda tentunya akan membeli baju yang halus untuk bayi anda. Hal ini tentunya memperburuk strategi keuangan / rencana keuangan yang telah anda siapkan.

Keperluan diatas menggambarkan sejumlah uang yang harus anda keluarkan untuk menghadapi persalinan dan kehadiran bayi anda / si kecil. Setelah mengetahui kemungkinan pengeluaran anda, tentunya untuk menyusun strategi keuangan / rencana keuangan anda harus juga melihat dari mana sumber dana tersebut dapat dipenuhi. Anda yang mendapatkan penggantian biaya kesehatan nampaknya bisa sedikit lebih lega karena ada sumber pemasukan lain yang membantu anda dalam penyusunan strategi keuangan ini.

Rata-rata pasangan suami istri di Indonesia merupakan pekerja di salah satu perusahaan. Ini berarti sumber pemasukan mereka yang paling utama adalah gaji. Strategi keuangan / rencana keuangan yang paling tepat bagi mereka dengan pendapatan utama gaji adalah dengan cara menyisihkan sebagian gaji mereka untuk persiapan melahirkan dan memenuhi keperluan bayi baru lahir yang sangat banyak. Mulai sekarang kurangi kebiasaan anda untuk makan enak / mewah di restoran mahal setiap weekend dan jadikan kebiasaan tersebut menjadi bulanan. Kuarangi kebiasaan anda untuk menonton film di bioskop-bioskop mahal dan hanya menonton bila ada film bagus yang benar-benar menarik untuk di tonton.

Pengurangan-pengurangan ini akan membuat catatan rencana keuangan / strategi keuangan anda menjadi lebih baik dan andapun siap secara finansial atas kelahiran bayi anda / si kecil.

Hal – hal lain yang dapat anda lakukan untuk menambah pendapatan adalah dengan cara mendapatkan pekerjaan lain di luar pekerjaan anda sekarang. Hal ini tentu sulit jika pekerjaan anda sekarang sudah menyita banyak waktu. Pertimbangkan untuk mencari penghasilan tambahan yang dapat anda lakukan di hari sabtu dan minggu dengan cara menjual keahlian anda. Anda mungkin bisa melakukannya di saat tertentu seperti menjadi pembicara / nara sumber atas topik keahlian anda ataupun mengerjakan proyek sampingan lain di rumah. Anda dapat juga membuka kurus bahasa inggris atau kurus matematika di rumah. Kalau anda pintar memasak, pertimbangkan untuk membuka warung / depot dirumah. Anda tidak hanya mendapatkan penghasilan, melainkan dapat juga membantu suami untuk mencari uang dan mempermudahnya menyusun strategi keuangan/ rencana keuangan yang lebih baik.

Kalau saat ini anda adalah pemilik suatu situs / blog dengan page hits tinggi, anda dapat mempertimbangkan untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain di internet (contoh googla adsense, adbrite, bidvertiser, maupun ppcindo) yang menawarkan pendapat dalam bentuk iklan dimana anda mendapatkan uang dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung internet saat membuka iklan di situs / blog anda.

Kalau saat ini anda telah mempunyai sebuah situs / blog yang menjual produk – produk anda, anda dapat menambah jumlah pengunjung situs / blog anda dengan cara mengiklankan situs / blog anda ke pihak lain seperti adbrite atau google adwords. Dengan bertambahnya pengunjung situs, tentunya kesempatan anda untuk menjual menjadi bertambah dan tambahan uang ini akan memperbaiki strategi keuangan / rencana keuangan anda.

Salah satu cara untuk menambah penghasilan dan memperbaiki strategi keuangan / rencana keuangan anda adalah dengan cara mengikuti bisnis dengan sistem piramida (beberapa orang menyebutnya dengan istilah MLM). Bisnis sistem ini menawarkan pendapatan secara pasif sehingga anda dapat menghasilkan uang dalam 24 jam dan anda tetap tidak kehilangan waktu untuk bekerja di perusahan saat ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s