Buat Kamu Para Generasi Online


Sebagian besar manusia di dunia ini, mungkin nggak asing kalau dengar istilah “online”. Yeah, kegiatan yang melibatkan dunia maya ini terasa asyik banget terutama buat kamu- kamu para remaja. Seakan tiada hari tanpa online, bahkan kegiatan yang satu ini sudah seperti wajibnya kita makan dan atau melakukan kegiatan rutin harian lainnya.

Maka nggak berlebihan jika remaja saat ini, udah pasti bisa dibilang sebagai bagian dari “generasi online”. Memang sih, nggak ada yang salah dengan kegiatan menyenangkan satu itu, tapi melihat kenyataan yang banyak terjadi sekarang ini, sangat disayangkan bahwa karena mereka terlalu “rajin” online, kegiatan yang harusnya bisa dilakukan, dan sifatnya nggak bisa ditawar- tawar jadi amburadul nggak karuan.

Nggak jarang, mereka-mereka yang doyan online, lebih senang menyendiri, lebih suka bergaul dengan orang lain lewat online, daripada bertemu dengan sesamanya di dunia nyata saudara-saudara mereka sendiri. Mereka juga gampang galau alias gelisah, tapi kalau tentang meninggalkan sholat 5 waktu, rasanya enteng banget. Dan generasi online kebanyakan pada berfikir instant, maunya serba mudah dan suka mengahayal. Selain itu, mereka rawan terjangkit virus individual, bersikat apatis, arogan mudah marah dan mudah tersinggung, serta jadi individu yang sempit fikirannya.

Sudah saatnya kamu meluruskan niat online
Memang nggak ada salahnya melakukan aktivitas online, selama hal itu berguna untuk perbaikan diri kamu. Tapi satu hal yang kudu kita ingat adalah, kalau online hanyalah sekedar alat, dan bukan tujuan. YUps, alat untuk perbaikan diri kamu supaya be better kedepannya. Sah- sah aja kamu online, tapi kamu kudu ingat kalau kamu punya teman, punya saudara, punya pergaulan di lingkungan loh. Kamu butuh bergaul dengan orang lain, bersilaturahim, saling mengunjungi, saling menyapa satu sama lain. Atau dalam arti lain, kamu kudu care sama lingkungan sekitar kamu.

Selain itu, jangan sampai dengan online kita gampang melakukan pemborosan waktu. Kalau dalam sehari kamu online 4 jam saja, maka dalam seminggu 28 jam kamu habiskan hanya untuk pemborosan uang terutama waktu.Kalau masalah uang sih masih bisa dicari, tapi kalau soal umur kamu, nggak akan mungkin kamu bisa tarik kembali. Ingat loh, hidup cuma sekali dan waktu muda kamu akan sangat cepat banget berlalu, seperti firman Allah subhanahu wata’ala dalam Al quran surat Annazi’at Ayat 46 : “pada hari mereka melihat berbangkit itu, merasa seakan tidak tinggal (didunia)melainkan sekejap saja diwaktu sore atau pagi hari.”

Jika kita nggak memanfaatkan baik- baik masa muda kita, dijamin kedepannya hanya penyesalan yang akan didapat.

So, jika kamu termasuk generasi online, ada baiknya melakukan kroscek sekali lagi, tentang kegiatan yang selama ini kamu lakukan.Dan pastikan bahwa online yang kamu lakukan hanyalah dalam rangka mencari ridho Allah, dan bukan sekedar pemborosan waktu dan uang.

(Nay Ma/Voa-Islam.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s