Agar Anak Sadar Politik


Pertanyaan :

Assalamu’alaikum. Wr.Wb
Ibu Pengasuh Rubrik Konsultasi Keluarga, alhamdulillah saya mulai memahami kalau semua permasalahan di tengah-tengah umat ini terjadi karena tidak diterapkannya Islam dalam kehidupan. Dan juga umat ini tidak diurus dengan menggunakan syariah Islam oleh penguasa. Oleh karena itu dakwah kita haruslah bersifat politik. Saya ingin anak-anak saya juga punya pemahaman seperti itu sehingga kelak mereka bisa menjadi pejuang-pejuang Islam yang tangguh. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana membangun kesadaran politik pada anak-anak? Apakah tidak memberatkan buat mereka? Terima kasih atas penjelasannya.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tabri
Bogor

Jawaban :

Wa’alaikumsalam Wr.Wb.
Ibu Tabri yang baik,
Politik dalam pandangan Islam berarti pengaturan terhadap urusan umat, baik untuk urusan dalam maupun luar negeri dengan cara Islam. Begitu banyak persoalan umat yang tidak terselesaikan yang membuat  keadaan umat semakin buruk tidak lain disebabkan karena syariat Islam tidak diterapkan dalam kehidupan. Karena itu, adanya kesadaran politik Islam sangat penting. Dari kesadaran politik ini, umat menjadi tahu tentang bagaimana semestinya hidup diri dan masyarakatnya diatur sesuai dengan aturan Islam. Ketika pengaturan yang Islami itu tidak ada, maka ia akan berusaha atau berjuang untuk mewujudkannya. Inilah hakikat dari perjuangan atau dakwah politik. Agar kelak ketika dewasa kesadaran politik Islam sudah tertanam, maka kesadaran politik ini perlu dibangun sejak dari masa anak-anak.

Ibu Tabri yang baik,
Jika pembelajaran politik sejak dari dini ditanamkan dengan cara yang tepat Insya Allah tidak akan memberatkan. Hal pertama yang semestinya Anda lakukan adalah memberikan pemahaman yang benar dulu pada anak tentang makna politik. Ketika memberikan penjelasan kepada anak, sertai dengan memberikan gambaran pentingnya aktivitas politik untuk umat. Kalau diperlukan lengkapi dengan dalil-dalil dan contoh-contoh yang bisa dipahami oleh anak. Libatkan anak pada aktivitas dakwah, karena aktivitas politik Islam tidak lepas dari aktivitas amar ma’ruf nahi mungkar (dakwah). Melibatkan anak dalam aktivitas dakwah merupakan pembelajaran politik yang bisa langsung dirasakan oleh anak. Ajaklah anak turut serta dalam pengajian, diskusi, seminar  atau bahkan aksi-aksi protes di jalanan. Sesampai di rumah, anak bisa diminta pendapatnya tentang kegiatan yang baru saja ia ikuti. Tapi, sebelum memutuskan untuk mengajak anak tentu harus dipertimbangkan kondisi kesiapan mereka agar anak merasa nyaman dan tidak malah menimbulkan masalah.

Ibu Tabri yang baik,
Anda juga bisa menanamkan kesadaran politik anak saat menonton televisi bersama atau membaca berita di media. Ketika tengah melihat televisi atau membaca koran biasanya ada topik yang menarik. Misalnya, soal perlawanan anak-anak Palestina, atau mungkin ada berita musibah banjir, gunung meletus dan sebagainya yang menimbulkan kerusakan  hebat dan penderitaan yang meluas. Semua itu bisa menjadi bahan perbincangan yang hangat dengan anak-anak. Bagus bila anak sudah langsung bisa berkomentar dan memberikan pendapat. Anda tinggal menambahi atau memberikan arahan serta solusi menurut Islam. Kalau anak-anak belum memberikan respon, Anda bisa memancingnya dengan bertanya kepada mereka, apa tanggapannya setelah melihat itu semua. Bukan hanya tanggapan, bila perlu ajaklah anak memberikan respon secara kongkrit. Misalnya mengumpulkan uang dari sebagian tabungan mereka untuk membantu anak-anak yang terkena musibah, atau bisa juga dengan mengajak mereka berdoa bersama-sama setelah selesai shalat berjamaah agar  Allah memberikan pertolongan kepada mereka. Jangan lupa biasakan anak juga berdoa untuk keselamatan dan kejayaan umat Islam di seluruh dunia.

Ibu Tabri yang baik,
Hal lain yang Anda bisa lakukan adalah dengan mengenalkan wilayah-wilayah negeri-negeri Muslim yang pernah mengalami kejayaan ketika Islam ditegakkan. Ceritakan kepada anak awal mula terpecahnya negeri-negeri Muslim, kemunduran dan kelemahan ketika negeri-negeri muslim tidak bersatu, dan perlunya pemimpin yang menyatukannya. Dengan memberikan gambaran yang jelas kepada anak, diharapkan anak akan tergugah dan termotivasi untuk menyatukan kembali negeri-negeri Muslim yang terpecah-pecah. Terakhir pahamkan pada anak tentang pentingnya penerapan syariat Islam, karena. banyaknya problematika umat yang tidak terselesaikan saat ini, sejatinya karena tidak diterapkannnya syariat Islam. Demikian Ibu, mudah-mudahan anak-anak kelak akan menjadi pejuang Islam yang tangguh. Amiin… (www.konsultasi.wordpress.com)

Sumber : http://mediaumat.com/konsultasi/2536-50-agar-anak-sadar-politik.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s