Kesehatan Gigi dan Kehamilan


Kesehatan gigi dapat mempengaruhi kehamilan? Ternyata itu bukan mitos belaka!

Penelitian medis dewasa ini menemukan keterkaitan antara kehamilan dan kesehatan gigi. Secara awam memang kita bisa bayangkan bahwa asupan makanan dan gizi ibu hamil pasti akan terganggu bila ibu hamil mempunyai masalah seputar kesehatan gigi. Wajar saja kalau kesehatan gigi dewasa ini mempengaruhi kehamilan.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang mempunyai budaya jelek tidak pernah berobat ke dokter kalau tidak sakit. Ini mungkin cocok untuk berobat ke dokter umum, namun untuk urusan dokter gigi ternyata kita tidak boleh menunggu sakit gigi baru berkunjung ke dokter gigi. Kesehatan gigi dan gusi terutama untuk ibu hamil mutlak diperlukan demi perkembangan janin.

Ketika kita mengalami masalah kesehatan gigi, jumlah bakteri yang berkembang dan menyebar di mulut semakin bertambah. Bila bakteri ini masuk ke dalam aliran tubuh melalui pendarahan pada gusi maka dikawatirkan bakteri ini dapat masuk ke dalam aliran darah yang diperlukan oleh janin.

Peningkatan hormon kehamilan (estrogen dan progesterone) membuat gigi dan gusi menjadi lebih sensitif terhadap bakteri dan menyebabkan gingvitis pada ibu hamil. Pada kasus pregnancy gingvitis, pendarahan pada gusi memudahkan bakteri untuk masuk ke dalam aliran darah.

Untuk mencegah hal ini terjadi sebaiknya ibu hamil secara berkala (dengan ijin dokter kandungan / SPOG) memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi terutama pada kehamilan trisemester pertama agar kesehatan ibu dan janin terjaga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s