Hal-hal yg Sebaiknya dilakukan agar Hapalan Al Qur’an Tetap Melekat


by : Nisa

1. Luruskan niat menghafal ayat Al Qur’an untuk meraih ridho Allah Swt.

2. Sebelum menghafal dahulukan membaca Surah Al Fatihahndan berdo’a semoga Allah memudahkan kita dalam menghafal.

3. Lakukan Muraja’ah setiap hari. Alangkah baik nya jika muraja’ah bersama teman sehingga dia bisa membetulkan bacaan kita yang salah. Lebih bagus lagi jika kita menyambung ayat yang dia ucapkan. Dengan begitu hapalan kita akan terus melekat dengan kuat.

4. Tidak menonton acara infotainment. Bagi ukhtifillah yang dulu na pernah nonton acara infotainment, usahakan untuk tdk menonton lg. Karena setelah kita menonton acara infotainment, ayat yang telah dihapal menjadi hilang tak berbekas.Sehingga ukhtifillah harus mengulang seperti menambah hapalan dari awal lg.

5. Menjauhkan pandangan untuk tidak melihat aurat laki-laki dan perempuan.

6. Menjauhi perbuatan maksiat, baik kecil apalagi besar.

7. Stop untuk ngomongin orang (gossiping)

8. Tidak terlalu banyak nonton TV, kecuali berita. Karena akan membuat diri malas untuk menghapal.

9. ketika memulai hapalan, usahakan untuk menghapal terjemahan. Jika tdk bs menghapal nya, mengingat terjemah pun sdh cukup. Dg memahami terjemah setiap ayat, kita mudah untuk mentadabburi ayat2 Allah, memudahkan kita u/ mengingat kelanjutan dr ayat yg telah kita hapal, dan juga menambah kosakata bahasa arab kita :)

10. Jangan pernah mengganti mushaf kita dengan mushaf baru. karena ketik kita menghapal mata kita, tnp kita komando, memperhatikan susunan dan tata letak halaman setiap ayat dalam mushaf kita. Ketika itu berganti dengan mushaf baru maka akan mengganggu pikiran kita dalam menghapal. Malah bisa jadi membuyarkan hapalan kita. Karena ketika kita menghapal, susunan dan tata letak halaman setiap ayat membayangi pikiran kita sehingga memudahkan kita menghapal.

11. jangan tergesa-gesa dalam menghapal.

12. Selalu memperhatikan makhroj Huruf, Gunnah dan Mad.

13. Membiasakan telinga kita u/ mendengarkan murrotal

 

Selamat mencoba!! Moga dimudahkan.. ^^

Semoga kita semua mjd penjaga Al Qur’an yang dirindukan sorga.. Aaamiin..

Tinggalkan komentar